Catatan Jum’at Berkah ; Sayangi dan Berbaktilah

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

care-for-elderly-parentsSaat jum’atan tadi , sebelum naik mimbar, saya ketemu dan ngobrol dengan salah satu murid tahsin saya dulu. Seorang tuna netra, yang dulu sangat rajin sekali belajar Al Quran bersama Bapaknya yang sudah sangat sepuh (usianya 80 th-an) yang terkena stroke. Beliau dan bapaknya sangat rajin ke masjid. Berangkat selalu berdua. Sang bapak menjadi menunjuk jalan bagi anaknya yang buta, dan sang anak menjadi penopang bapaknya yang berat jalannya karena stroke.

Namun karena akhir-akhir ini agak jarang kelihatan ke masjid, tadi waktu jum’atan saya tanya bagaimana kabarnya dan bapaknya.

Lalu beliau bercerita bahwa saat ini bapaknya sudah tidak bisa apa-apa sama sekali. Mereka cuma tinggal berdua. Beliau yang buta tersebut yang sepanjang waktu menjaga bapaknya, merawatnya, memandikannya, dan menyuapinya.

Lalu saya tanya: apa tidak ada saudara yang lain yg bantu?

Beliau jawab; saudara saya ada tujuh ust. Tapi ya gitu, pada sibuk sendiri-sendiri. Paling cuma nengok sebentar atau sekedar ngantar makanan. Malah saya yang seperti ini (buta) yang merawatnya. Jadinya saya jarang ke masjid, karena bapak gak bisa ditinggal. Tapi Alhamdulillah saya masih bisa mendengarkan pengajian ustad dari rumah. mudah-mudahan ini jadi ladang amal buat saya.

Saya langsung trenyuh sekaligus prihatin.

Dan teringat sabda Rasulullah saw: bahwa malaikat jibril mengatakan :
رغم أنف رجل أدرك والديه اّو أحدهما فلم يدخلاه الجنة. قل : آمين، فقلت : آمين .
“Celakalah seseorang yg masih mendapati kedua orang tuanya atau salah satunya, namun tdk menjadikan orang tsb masuk surga (dg berbakti kpd orang tuanya) , katakan: aamiin. Maka aku (Rasulullah saw) berkata : aamiin. ”
(HR. Ahmad, Ibn Hibban, dan At Tirmidzi)

Depok 13/11/2015

Arham bin Ahmad Yasin, Lc., MH Alhafidh

Comments

comments

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *